Berikut hanya sekedar cuplikan dari contoh proposal usaha..
Untuk melihat lebih lengkapnya download filenya DISINI !!!
Untuk melihat lebih lengkapnya download filenya DISINI !!!
BAB I
LATAR BELAKANG USAHA
A.
Sejarah
Berdirinya Usaha
Singkong sering disebut-sebut sebagai
bahan makanan ndesa atau berasal dari
kampung. Meski saat ini beraneka ragam usaha makanan yang berbahan dasar
singkong mulai menjamur, namun rata-rata usaha tersebut masih bermotivasi untuk
“mengangkat derajat” singkong supaya lebih bergengsi. Artinya, singkong masih
dianggap sebagai bahan makanan rendahan.
Di mata pemerintah dan masyarakat,
singkong pun dianggap sebagai bahan makanan lokal yang perlu digalakkan sebagai
bahan makanan pokok alternatif. Istilah bahan makanan lokal juga perlu
dicermati, sebab tanaman singkong ternyata bukan berasal dari Indonesia.
Singkong atau cassava (Manihot
esculenta) pertama kali dikenal di Amerika Selatan yang dikembangkan di Brasil
dan Paraguay pada masa prasejarah. Potensi singkong menjadikannya sebagai bahan
makanan pokok penduduk asli Amerika Selatan bagian utara, selatan Mesoamerika,
dan Karibia sebelum Columbus datang ke Benua Amerika. Ketika bangsa Spanyol
menaklukan daerah-daerah itu, budidaya tanaman singkong pun dilanjutkan oleh
kolonial Portugis dan Spanyol.
Di Indonesia, singkong dari Brasil
diperkenalkan oleh orang Portugis pada abad ke-16. Selanjutnya singkong ditanam
secara komersial di wilayah Indonesia sekitar tahun 1810. Saat sejarah tersebut
terabaikan, singkong menjadi bahan makanan yang merakyat dan tersebar di
seluruh pelosok Indonesia.
Seiring dengan perkembangan zaman, untuk
mengangkat derajat singkong yang lebih bergengsi maka kami berinovasi untuk
membuka usaha “Manihot Esculenta”. Usaha ini didirikan agar masyarakat dapat
lebih tertarik dengan makanan olahan singkong yang modern, mempunyari variasi
rasa yang berbeda, dan harga yang terjangkau bagi semua kalangan.
B. Konsep Usaha
Usaha yang akan kami dirikan adalah Usaha
Perdagangan yang bergerak di bidang makanan. Adapun produk yang kami jual
adalah berbahan dasar singkong. Yang kemudian kami olah dengan berbagai rasa
seperti: sambal balado, barbeque dan manis.
C.
Visi
Usaha
Visi adalah suatu pandangan jauh tentang perusahaan,
tujuan- tujuan perusahaan dan apa yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan
tersebut pada masa yang akan datang. Visi itu tidak dapat di tuliskan secara
lebih jelas menerangkan detail gambaran sistem yang ditujunya, dikarenakan
perubahan ilmu serta situasi yang sulit diprediksi selama masa yang panjang
tersebuut. Beberapa persyaratan yang hendaknya dipenuhi oleh suatu pernyataan
visi adalah sebagai berikut :
-
Berorientasi ke depan
-
Tidak dibuat berdasarkan kondisi saat
ini
-
Mengekspresikan kreatifitas
-
Berdasar pada prinsip nilai yang
mengandung penghargaan bagi masyarakat
Perencanaan usaha tidak lepas dari
adanya visi usaha. Visi usaha berperan penting dalam usaha karena dengan adanya
visi akan menggerakkan dan selalu menciptakan peluang untuk berbuat sehingga
dapat melahirkan perubahan atau dinamika ke arah yang lebih baik.
Adapun
Visi kami dalam usaha ini adalah
“Singkong sebagai
makanan modern yang disukai masyarakat”
.
D.
Tujuan
Usaha
Tujuan usaha merupakan sesuatu yang akan dicapai
atau dihasilkan oleh perusahaan yang bersangkutan. Tujuan usaha adalah target
yang bersifat kuantitatif dan pencapaian target tersebut merupakan ukuran
keberhasilan kinerja perusahaan. Tujuan usaha pada dasarnya untuk jangka
panjang,dengan tugas yang harus diselesaikan selama waktu itu, dan akan
mengarahkan kinerja perusahaan.
Adapun
tujuan dari usaha yang akan kami dirikan
ini antara lain:
1. Memperoleh
laba atau keuntungan
2. Mengurangi
angka pengangguran di lingkungan usaha
3. Menyediakan
makanan singkong dengan berbagai variasi rasa yang berbeda
4. Untuk
memenuhi kebutuhan masyarakat
5. Menambah
kreativitas dalam mengelola bahan produk
6. Untuk
mengukur kemampuan kita dalam berwirausaha
7. Untuk
mencapai keberhasilan di dalam usaha
8. Mengatur
dan membentuk kerja sama dengan perusahaan lain
9. Berguna
untuk melakukan merger dengan perusahaan lain
10. Menjamin
adanya fokus tujuan dari berbagai personel yang ada di dalam perusahaan
0 komentar:
Posting Komentar